Press "Enter" to skip to content

PENANGGULANGAN COVID-19 DI WILAYAH SUMBAR, KAPOLDA SUMBAR IRJEN POL. Drs. TONI HARMANTO, M.H., UNDANG TOKOH FKUB UNTUK SAMAKAN LANGKAH .

portal.binmas.online., Jumlah masyarakat yang terinfeksi Coronavirus Disease 2019 di Provinsi Sumbar semakin bertambah, dalam penjelasan Menteri Kesehatan RI pada tanggal 26 Maret 2019 jumlah korban yang dinyatakan positif sebanyak 5 orang, dengan rincian 2 (dua) orang dari hasil laboratorium Universitas Andalas Padang dan 3 (tiga) orang dari hasil laboratorium Litbang Kemenkes RI.,  saat ini  di Sumatera Barat ODP sebanyak 818 orang dan PDP sebanyak   22 orang.  Kondisi ini tentu merupakan suatu indikasi bahwa di Provinsi Sumbar wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sudah menyebar di berbagai wilayah kabupaten/kota.

          Menyikapi kondisi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ditanah air, sejak isue ini berkembang Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., telah melakukan langkah-langkah konkrit antara lain meningkatkan Giat koordinasi dengan Forkopimda Sumbar bersama Gubernur Sumbar guna menyamakan persepsi dan langkah dalam upaya penanggulangannya, selanjutnya memerintahkan kepada seluruh personil Polri jajaran Polda Sumbar untuk melakukan langkah/kegiatan antara lain “memberikan pengetahuan kepada para personil Polri untuk mengerti dan paham tentang apa itu Covid-19 melalui sarana Vedio Conference, khususnya para Bhabinkamtibmas yang sudah diberikan penjelasan oleh Kepala RS. Bhayangkara Kompol. Dr. Adrean Lesmana,Sp.P., diarahkan untuk mampu melakukan edukasi kepada masyarakat binaan atau dimana Bhabinkamtibmas tersebut bertugas. Kepada para Kapolres dan PJU jajaran Polda Sumbar, Kapolda Sumbar memerintahkan untuk melakukan langkah penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat layanan umum antara lain pasar, jalan raya, SPBU, masjid-masjid, ATM dan tempat-tempat layanan publik lainnya, meningkatkan kuantitas sosialisasi Maklumat Kapolri dengan memberikan himbauan agar masyarakat tetap diam di rumah masing-masing.

          Pada hari Kamis tanggal 26 Maret 2020, Kapolda Sumbar (Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H.), juga telah mengundang para tokoh lintas agama (FKUB) Provinsi Sumbar, Ketua MUI dan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar.  Pertemuan yang dilakukan bersama tokoh agama tersebut dalam rangka menyamakan persepsi dan langkah dalam menyikapi perkembangan penyebaran wabah coronavirus disease 2019 (Civid-19) di Sumatera Barat. Lebih khusus belajar dari pengalaman peristiwa yang terjadi di provinsi lain, seperti adanya kasus jenazah yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 yang kemudian oleh pihak rumah sakit jenazah tersebut dibungkus dengan plastik vakum untuk dimakamkan, akan tetapi keadaan tersebut tidak dapat diterima oleh pihak keluarga sehingga jenazah setibanya di rumah duka oleh pihak keluarga dibuka kembali, hal ini yang dikhawatirkan apabila masyarakat kurang pemahaman maka akan terjadi kasus yang serupa.  Untuk itu Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., yang didampingi oleh Dirbinmas Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si., dan Korspripim AKBP. Alex Prawira, SIK., mengharapkan kepada para tokoh lintas agama (Islam, Budha, Kresten Katolik) untuk memberikan edukasi kepada masing-masing jamaahnya agar patuh kepada instruksi pemerintah guna mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

          Dan akhir dari pertemuan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., dengan para tokoh lintas agama menyepakati bahwa seluruh tokoh agama di Provinsi Sumbar mendukung langkah Polri/ Polda Sumbar dan Polres jajaran dalam rangka penanggulangan Covid-19, dan sepakat para tokoh akan memberikan pemahaman kepada masing-masing ummat yang dipimpin sesuai agama masing-masing, selanjutnya akan memberikan himbauan kepada ummat untuk mentaati perintah agar tinggal di rumah tidak bepergian ke mana-mana kecuali kegiatan yang sangat penting guna mencegah agar coronavirus disease 2019 dapat dihentikan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *