Press "Enter" to skip to content

TERIMA BANTUAN SEMBAKO 250 PAKET DARI KOMUNITAS MASYARAKAT TIONGHOA, KAPOLDA SUMBAR LANGSUNG SERAHKAN KEPADA MUSPIKA KEC. PADANG SELATAN KOTA PADANG UNTUK DIDISTRIBUSIKAN KEPADA MASYARAKAT.

potral.binmas.online;  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Keputusan Gubernur Sumbar  dari  tanggal  22 April sd 5 Mei 2020 diperpanjang sampai tanggal 19 Mei 2020.  Perpanjangan tersebut  sangat beralasan karena masih adanya peningkatan jumlah kasus yang terkonfirmasi covid-19 sampai tanggal 7 Mei  2020, kasus positif sebanyak 252 orang dengan rincian dirawat sebanyak 110 orang, isolasi 85  orang dan kasus meninggal dunia sebanyak 16 orang, sembuh 41 orang.

Dalam upaya pemutusan mata rantai covid-19 di Provinsi Sumbar, telah menimbulkan dampak ke banyak pihak antara dibidang pekerjaan banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK), dibidang transportasi adanya pembatasan orang keluar /masuk  ke wilayah Provinsi Sumbar.  PSBB ini dilakukan sebagai langkah tegas pemerintah untuk segera menuntaskan penularan wabah corona virus disease  2019 (Covid-19).   Disimpulkan penyebaran wabah Covid-19 telah menimbulkan banyak permasalahan dalam kehidupan masyarakat, antara lain masalah kesehatan disusul dengan masalah ekonomi.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak dari proses penanganan Covid-19, pemerintah telah membuat beberapa kebijakan guna meringankan beban hidup masyarakat dalam bentuk pemberian bantuan sosial (Bansos) yang meliputi Pemberian Sembako (PS), Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 dari Pemerintah Pusat dan BLT Covid-19 dari  Pemrov Sumbar, selanjutnya  apabila dari sekian program pemerintah tersebut masih ada masyarakat yang belum menerima bantuan maka masih ada bantuan beras oleh Polri yang akan diberikan pada setiap Kepala Keluarga (KK).  Adapun bantuan Bansos meliputi Penerima Sembako (PS) dan Penerima Keluarga Harapan (PKH) ini adalah program bantuan sosial yang rutin telah diberikan setiap bulan oleh pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota,  lalu bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam program PS dan PKH, pemerintah menyediakan program BLT Covid-19 dari Pemerintah Pusat,  dan apabila masih ada masyarakat yang juga belum terdaftar sebagai penerima BLT Covid-19  Pusat maka masih disediakan lagi program BLT Covid-19 dari Pemprov Sumbar,  lalu Polri juga telah menyediakan beras sebanyak 10 ton pada masing-masing Polres/ta jajaran Polda Sumbar yang akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang belum menerima bantuan dari pemerintah, sehingga itu bagi masyarakat kurang mampu tidak ada kata tidak menerima bantuan, namun demikian tentu masyarakat juga harus memahami bahwa jumlah bantuan yang diberikan sangat terbatas sehingga itu bagi yang sudah menerima salah satu jenis bantuan agar tidak lagi menerima jenis bantuan lainnya.

Bahwa selain bantuan dari pihak pemerintah, juga masyarakat yang tergolong ekonomi mampu juga memberikan kepedulian kepada sesama, antara lain pada hari Jumat tanggal 8 Mei 2020 komunitas masyarakat Tionghoa Padang telah menyerahkan Sembako sebanyak 250 pcs kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. yang didampingi oleh Wakapolda, Irwasda dan PJU Polda Sumbar.  Adapun bantuan Sembako yang sama juga pernah diberikan oleh masyarakat komunitas Tionghoa Padang yang diserahkan kepada Kapolresta Padang, Camat Padang Selatan dan kepada Kapolda Sumbar  untuk yang ke 2 kalinya.   Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H.  menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ketua Komunitas masyarakat Tionghoa Padang, dan memang demikian harapan kita semua dalam kondisi kita melawan penularan wabah Covid-19 tentu ada kelompok masyarakat yang sangat merasakan dampaknya, sehingga itu kita harus saling membantu sebagai bentuk kepedulian kita sesama warga masyarakat di provinsi Sumbar.   Dan setelah menerima penyerahan bantuan 250 paket Sembako tanpa membuang waktu Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada unsur Muspika Kecamatan Padang Selatan yang diterima oleh Sekretaris Kecamatan, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Padang Selatan.  Lebih lanjut Kapolda Sumbar yang didampingi oleh Karo SDM dan Dirbinmas Polda Sumbar berharap agar pihak Muspika Kecamatan Padang Selatan segera memberikan bantuan Sembako ini sesuai daftar nama yang sudah dilaporkan. Dan akhirnya secara simbolis Kapolda Sumbar juga melepas keberangkatan petugas yang akan menyerahkan Sembako yaitu anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan padang Selatan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *