Press "Enter" to skip to content

Buka Rakernis Fungsi Binmas T.A. 2019 Dirbinmas ingatkan seluruh anggota Binmas agar aktif melakukan pembinaan masyarakat guna mencegah gangguan Kamtibmas Pam Pemilu 2019

Portal.binmas online (BOS)  Rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi Binmas T.A. 2019 telah dilaksanakan pada hari  Rabu  tanggal  9 April 2019 yang dibuka langsung oleh Direktur Binmas Polda Sumbar (Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H., M.Si. dan diikuti oleh seluruh pejabat utama Ditbinmas Polda Sumbar, para Kasatbinmas, Kaurbinops  Satbinmas dan para Kanitbinmas Polsek Polres jajaran Polda Sumbar.

Rapat kerja teknis T.A. 2019 ini merupakan program kerja Ditbinmas Polda Sumbar yang seyogyanya dilaksanakan lebih awal karena tujuan dilaksanakannnya Rakernis fungsi Binmas ini adalah untuk menyampaikan program kerja Binmas dan beberapa kebijakan pimpinan Polri pada T.A. 2019 ini, hal itu disampaikan oleh Dirbinmas Polda Sumbar saat memberikan sambutan pada acara pembukaan rapat kerja teknis fungsi Binmas Polda Sumbar T.A. 2019.        Disampaikan oleh Dirbinmas bahwa pada tahun 2019  Kepolisian Negara Republik Indonesia dihadapkan pada tugas skala nasional yaitu pengamanan tahapan proses Pemilu Tahun 2019, dimana Pemilu tahun 2019 ini karakteristiknya berbeda dengan Pemilu tahun sebelumnya yaitu dilaksanakannya secara serentak Pemilu Presiden dan Wakil dengan Pemilu Legislatif, dengan demikian dapat diprediksi bahwa bentuk-bentuk ancaman gangguan Kamtibmas pada Pam Pemilu 2019 juga akan berpariatif mulai dari kurang puasnya masyarakat akan kinerja pelaksana Pemilu, demikian juga terhadap aparat keamanan TNI-Polri yang dianggap kurang profesional dan prilaku para aktor politik yang tidak mempedulikan norma-norma dalam melaksanakan manuver politik di masyarakat dengan melakukan berbagai cara.

Menyikapi beberapa bentuk ancaman gangguan Kamtibmas pada Pam Pemilu 2019, Baharkam Polri telah menggariskan kebijaksanaan yang menjadi pedoman para pelaksana lapangan antara lain “Conditioning, Polisionil, Kemitraan dan Law Inforcement”,  Polri sebagai coolling system pada Pam Pemilu 2019.  Beberapa bentuk pelanggaran dan kejahatan yang sering muncul dipermukaan pada Pam Pemilu 2019 seperti “penyebaran berita bohong (hoax), ujaran kebencian (hate speech) yang sebar melalui media sosial, menyebar pitnah dll.   Untuk itu menghadapi bentuk-bentuk ancaman tersebut pada Pam Pemilu 2019, Dirbinmas memerintahkan kepada para Kasatbinmas untuk bersama-sama dengan para Kanitbinmas Polsek dan para Bhabinkamtibmas agar turun ke masyarakat secara all out.  Tingkatkan kegiatan tatap muka dengan masyarakat melalui kegiatan door to door system (DDS), melakukan penyuluhan, Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) dan problome solving.  Tingkatkan kegiatan pembinaan terhadap  kelompok masyarakat yang rawan terpapar paham radikal sehingga itu para pengurus masjid diberikan pemahaman bahwa masjid adalah tempat beribadah kepada Allah swt bukan tempat panggung politik atau tempat orasi atas sikap ketidak puasan terhadap pemerintah atau sekelompok orang.        Sedangkan para Kasubdit jajaran Ditbinmas Polda Sumbar, masing-masing menyampaikan beberapa hal yang dijadikan perhatian pimpinan antara Subbagrenmin mengingatkan agar seluruh personil fungsi Binmas dan Bhabinkamtibmas agar memahami dan mengerti operasional Bimas Online System (BOS), selanjutnya Kasubdit Satpam mengingatkan agar terhadap Satpam di kewilayahan dilakukan pembinaan dan pendataan, bagi anggota Satpam yang belum mengikuti Diksar Gada Pratama diarahkan untuk segera mengikuti pendidikan.

Portal.binmas online.4-2019

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *