Press "Enter" to skip to content

PERSIAPAN PROVINSI SUMBAR MASUK FASE “NEW NORMAL” DITBINMAS KUMPULKAN ORMAS PEMUDA GUNA MENDUKUNG PELAKSANAAN PENDISIPLINAN DI BEBERAPA TITIK LOKASI PERCONTOHAN.

portal.binmas.online;  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah provinsi Sumbar sudah memasuki masa perpanjangan ke 2 sejak tanggal 6 Mei 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 sebagaimana Keputusan Gubernur Sumbar  nomor: 360/101/COVID-19-SBR/V/2020  tanggal  5 Mei 2020 sebagai langkah dalam proses percepatan proses penanganan wabah Covid-19.  Selanjutnya bila sesuai dengan schedule time pemerintah secara nasional dalam proses penanganan wabah covid-19 setelah tahapan PSBB maka akan dilanjutkan dengan tahap recovery dengan jargon New Normal artinya tatanan kehidupan masyarakat secara berangsur akan dikembali secara normal sebagaimana sebelum adanya ketentuan PSBB, namun masih taat pada aturan pencegahan penularan wabah covid-19 antara lain “Keluar rumah pakai Masker, rajin cuci tangan dengan sabun, jaga jarak (physical distancing) dan beberapa lokasi layanan publik mulai dibuka dengan pembatasan agar jumlah pengunjung tidak terlalu padat.

Pada tahap New Normal, masyarakat kita masih perlu pendisiplinan sehingga itu pemerintah menetapkan beberapa titik lokasi sebagai percontohan (edukasi) dimana lokasi atau titik tersebut akan dilakukan pengawasan oleh personil TNI dan Polri.  Untuk wilayah Kota Padang lokasi yang akan dijadikan percontohan masing-masing adalah: 1. Plaza Andalas; 2. Pantai Padang; 3. Pasar Pembantu (Pasar Gaung; 4. Pasar Raya Padang; 5. Pantai Air manis; 6. Basko Grand Mall; 7. Transmart) dimana waktu pelaksanaannya akan dimulai setelah masa PSBB dinyatakan berakhir oleh Pemprov. Sumbar.

Guna memantapkan pelaksanaan kegiatan pendisiplinan pada fase New Normal pada 7 lokasi/titik percontohan,  Ditbinmas Polda Sumbar sebagaimana petunjuk arahan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., saat  audiensi  dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Padang agar pada fase New Normal kegiatan pendisiplinan di 7 titik diharapkan peran pemuda terlihat aktif untuk mengajak masyarakat patuh pada protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Rapat Koordinasi antara Ditbinmas Polda Sumbar dengan para Ketua Kelompok Pemuda dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2020 pukul 10.00 sd 12.30 Wib, di ruang rapat Ditbinmas Polda Sumbar Lantai 3.  Rapat dipimpin langsung oleh Dirbinmas Kombes Pol. Nasrun Fahmi didampingi oleh Kabagbinops AKBP. Drs. Nova Linda, M.H., dan hadir para Ketua Pemuda antara lain Ketua Pemuda Pancasila Kota Padang, Ketua KNPI, Ketua PEKAT-IB Kota Padang, HMI Kota Padang dan Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Sumbar sdr. Triski dengan beberapa orang anggota masing-masing Ormas Kepemudaan.

Dalam kesempatan rapat koordinasi tersebut, Dirbinmas memberikan penjelasan dan arahan tentang rencana pelaksanaan pendisiplinan pada fase New Normal, yang pada intinya pemuda diharapkan mampu memberikan contoh tauladan kepada masyarakat untuk patuh pada ketentuan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.   Keluar rumah pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, selalu jaga jarak dan tetap hindari kerumunan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *