Press "Enter" to skip to content

Bertepatan bulan suci Ramadhan, Binmas Polda Sumbar Gelar Operasi Mandiri Kewilayahan “Bina Kesuma Singgalang 2019”

Portal.Binmas.online, Terhitung sejak tanggal 9 sd. 22 Mei 2019 (selama 14) hari fungsi Binmas jajaran Polda Sumbar melaksanakan kegiatan operasi kepolisian mendiri kewilayahan fungsi Binmas dengan sandi “Operasi Bina Kesuma Singgalang 2019” dengan sasaran penertiban preman/premanisme.  Hal ini disampaikan oleh Direktur Binmas Polda Sumbar Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si., seusai sholat subuh berjemaah di masjid raya Padang, Minggu/ tanggal 12 Mei 2019.

Kasatbinmas Polres Sawahlunto melakukan penyuluhan Kamtibmas kepada para siswa SMA. Negeri 1 dalam acara pesantren kilat.

Lebih lanjut Dirbinmas menjelaskan bahwa operasi penertiban preman/premanisme ini bertujuan untuk mempertebal pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeliharaan keamanan lingkungan tempat tinggal, apalagi saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa sehingga itu bukan hanya persoalan preman/premanisme saja yang kita urusi akan tetapi ada beberapa bentuk gangguan Kamtibmas lainnya seperti bermain mercon oleh anak-anak, balapan liar sampai pada tawuran oleh kelompok anak.   Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris MUI Provinsi Sumbar Drs. H. Nurman Agus kepada Dirbinmas bahwa selama bulan ramadhan ini telah terjadi 2 kali tawuran anak-anak antara lain di jembatan Siti Nurbaya saat awal ramadhan dan di kelurahan Ujung Tanah, Kelurahan Parak Laweh yang saat ini kasusnya sudah ditangani oleh Polsek Lubuk Begalung Polresta Padang.  Menanggapi laporan Sekretaris MUI Provinsi Sumbar, Dirbinmas menjelaskan bahwa saat ini seluruh jajaran Polda Sumbar mulai dari Bhabinkamtibmas, Polsek dan Polres serta personel Polda Sumbar sudah meningkatkan kegiatan preventif antara patroli baik patroli personil yang berpakaian dinas maupun personel yang berpakaian preman, selanjutnya seluruh kantor polisi mulai tingkat Polsek, Polres siap menerima laporan masyarakat apabila terjadi gangguan Kamtibmas yang harus ditangani segera.

Pada kesempatan itu Dirbinmas Kombes Pol. Nasrun F., juga mengharapkan peran semua komponen yang ada di masyarakat harus ditingkatkan antara lain peran orang tua, para tokoh masyarakat, guru, ulama untuk memberikan bimbingan kepada anak-anak kita yang masih labil yang masih suka melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat.  Khusus kepada pengurus masjid Dirbinmas akan segera mengeluarkan himbauan Kapolda Sumbar tentang Peningkatan Peran Masyarakat Dalam Mengawasi Anak dari Kegiatan Balapan Liar (kebut-kebutan di jalan), bermain mercon, nantinya himbauan ini akan disampaikan kepada para pengurus masjid agar dibacakan setiap kali pelaksanaan sholat taraweh.

Bhabinkamtibmas Polsek Bagalung Polresta Padang ikut aktif menertibkan pelaku balapan liar guna mencegah terjadinya perkelahian antar kelompok.

Menyangkut pelaksanaan operasi Bina Kesuma Singgalang 2019, Dirbinmas Polda Sumbar menjelaskan bahwa saat ini semua Polres jajaran Polda Sumbar sudah melaksanakan, masing-masing wilayah dapat melakukan kerjasama dengan dinas instansi terkait antara lain dengan Satpol PP Pemda Kabupaten/Kota, organisasi kemasyarakatan (Ormas), Pemadam Kebakaran dll., semua bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat selama bulan suci ramadhan 1440 H.

Demikian berita portal binmas…..

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *