Ditbinmas Polda Sumbar Membuat Nota Kesepahaman Bersama dengan SMA.Adabiah2 Padang

Binmas,  Dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyebaran paham radikal/radikalisme oleh kelompok tertentu khususnya kepada kelompok pelajar, pada hari Senin  tanggal 14 Mei 2018 pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.30 Wib telah dilakukan penandatanganan bersama Nota Kesepahaman antara Ditbinmas Polda Sumbar dengan SMA Adabiyah2 Padang.

Pelaksanaan kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman Tersebut ditanda tangani oleh Kepala Sekolah SMA Adabiyah 2 Padang Maryani, S.Pd.,M.Pd. dengan Direktur Binmas Polda Sumbar Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si., atas nama Kepolisian Daerah Sumatera Barat.  Adapun pelaksanaan proses kegiatan penandatanganan dilaksanakan di Masjid Adabiyah yang dihadiri kurang lebih 300 orang anak didik SMA Adabiyah 2 Padang beserta dewan guru dan Wakil Kepala Sekolah.

Dalam kata sambutannya Dirbinmas Polda Sumbar KBP. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si. menjelaskan bahwa pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama ini bertujuan untuk memantapkan proses kerjasama antara Ditbinmas Polda Sumbar dengan SMA Adabiyah 2 Padang dalam rangka mencerdaskan anak bangsa khususnya putra/i SMA Adabiyah 2 Padang.  Lebih lanjut Dirbinmas  menjelaskan bahwa saat ini ada beberapa bentuk ancaman yang harus menjadi perhatian kita bersama selaku orang tua/guru maupun Polri sebagai aparat pembina Kamtibmas yaitu ancaman penyebaran paham radikal dan ancaman penyalahgunaan obat-obatan terlarang jenis Narkoba.  Diharapkan dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman Bersama ini akan ditindak lanjuti dengan rencana kerja/kegiatan atau penjadwalan waktu antara pihak SMA Adabiyah 2 dengan Ditbinmas Polda Sumbar tentang alokasi waktu dan pelajar yang akan mengikuti kegiatan penyuluhan Kamtibmas.  Pada kesempatan tersebut Dirbinmas juga menjelaskan bahwa akibat dari masyarakat yang menelan penyebaran paham radikal/radikalisme maka dibeberapa tempat telah terjadi tindakan dengan kekerasan antara lain meledakkan bom yang berakibat korban manusia, harta benda dan sampai menimbulkan kecemasan bagi masyarakat lainnya dan inilah yang disebut tindakan terorisme.

Untuk itu Dirbinmas berharap agar para pelajar, orang tua dan guru harus saling bersinergi dan hati-hati dalam menerima pesan atau ajaran tentang sesuatu paham, jangan sampai  kita terjebak pada suatu pemahaman yang sempit dan salah, perhatikan lingkungan kita kalau ada orang yang tidak dikenal dan mencurigakan atau ada benda-benda yang mencurigakan sebagai bahan yang berbahaya segeralah laporkan kepada Polsek atau kantor Polisi terdekat untuk dilakukan penyelidikan ataupun dilakukan tindakan lain agar tidak menjadi bencana bagi masyarakat lainnya.

doc.ditbinmas.mei-2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *