JELANG LEBARAN HARI RAYA IDUL ADHA 1439 H, POLDA SUMBAR PASTIKAN HEWAN TERNAK SAPI JANTAN CUKUP

Binmas,   Sebagai tindaklanjut Nota Kesepahaman Bersama Kapolri dengan Kementerian Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, Ditbinmas Polda Sumbar bersama-sama dengan Dinas Peternakan Provinsi Sumbar pada hari Senin tanggal 6 Agustus 2018 telah melakukan langkah pengawasan dan pengecekan langsung pasar ternak bebas di kecamatan Muaro Panas Kota Solok.   Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si. bersama-sama dengan Kasubdit Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Sumbar Dr. Kamil dan staf dinas peternakan Kabupaten Solok da Kota Solok.

Dalam kesempatan pengawasan dan pengecekan pasar ternak di pasar bebas Muaro Panas tersebut, Tim melihat langsung jumlah ternak yang dijual belikan secara bebas oleh masyarakat yang jumlahnya kurang lebih 1000 ekor ternak terdiri dari sapi, kerbau dan kambing.  Dari sejumlah hewan ternak yang dijual tim melihat bahwa jenis kelamin janjan lebih banyak dijual belikan ketimbang hewan ternak sapi/kerbau/kambing betina, demikian juga harga tim memantau langsung bahwa harga ternah sapi/kerbau dan kambing sampai tanggal 6 Agustus 2018 masih dalam kondisi harga yang standar demikian Kasubdit Keswan Dr. Kamil memberikan penjelasan.

Selanjutnya dijelaskan bahwa putaran pasar ternak tersebut akan berputar kebeberapa tempat pasar hewan antara lain di pasar ternak pesisir selatan, pasar ternak di kabupaten Tanah Datar, Pasar ternak Kabupaten Payakumbuh, Pasar Ternak di kabupaten Pasaman Barat dan Pasar Ternak Kabupaten Sijunjung.  Lebih lanjut Kasubdit Keswan menjelaskan bahwa untuk stock hewan ternak Sapi/Kerbau/Kambing jantan pada musim kurban tahun 2018 Provinsi Sumbar memilik stock ternak yang cukup.

Demikian juga Dirbinmas Polda Sumbar menghimbau kepada seluruh umat muslim di Sumatera Barat agar ikhlas untuk membeli hewan ternak jantan walaupun dari segi harga akan lebih mahal sedikit, namun manfaat ke depan masyarakat tetap akan memiliki induk untuk pengembang biakan hewan ternak ke depan.

Doc.ditbinmas.agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *