Mencegah Kebakaran Hutan di Kaki Gunung Talang, Ditbinmas Polda Sumbar Melaksanakan Kegiatan Community Policing

Binmas,  Memasuki musim kemarau tahun 2018 diprediksi akan menjadi salah satu bentuk ancaman gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Sumbar yaitu terjadinya kebakaran hutan di beberapa lokasi antara lain di kaki hutan gunung Talang Solok.  Mengantisipasi terjadinya bentuk ancaman gangguan Kamtibmas tersebut, Ditbinmas Polda Sumbar bersama-sama dengan Satbinmas Polres Solok pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 pukul 09.00 sd. 11.30 Wib, mengunjungi masyarakat yang domisili di kaki gunung talang untuk melakukan kegiatan Community Policing.

Kegiatan Community Policing yang dilaksanakan di gedung Balai Penelitian Tanaman dan Pangan desa Sukarame Solok dihadiri kurang lebih 200 orang warga masyarakat dari 16 desa disekitar kaki gunung Talang, selain itu hadir pula Camat Kecamatan Gunung Talang dan para wali nagari/kepala desa di sekitar gunung Talang.   Kegiatan dipimpin oleh Kasibinkamling Subdit Polmas Ditbinmas Polda Sumbar (Kompol. Suarman) yang didampingi oleh Kasat Binmas Polres Solok (AKP. Djumadi).

Pada kesempatan tersebut, Kasibinkamling (Kompol. Suarman) memberikan penjelasan  kepada seluruh peserta yang hadir tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan, adapun menghadapi datangnya musim kemarau tahun 2018 diharapkan agar masyarakat lebih waspada dan secara bersama-sama mencegah timbulnya kebakaran hutan, disinggung tentang undang-undang nomor 41 tahun 1999  tentang Kehutanan maka seluruh masyarakat wajib melindungi hutan agar tidak terjadi timbulnya kebakaran hutan, dan barang siapa melakukan perbuatan baik itu lalai ataupun sengaja sehingga mengakibatkan terjadinya peristiwa kebakaran hutan, maka yang bersangkutan dipersalahkan dapat dilakukan proses hukum.  Sehingga itu perlindungan hutan menjadi tanggung jawab bersama yang meliputi “Pencegahan terjadinya kebakaran hutan, pemadaman api bila terjadi kebakaran hutan, dan melakukan pengawasan pencegahan terjadinya kebakaran hutan yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang menghuni disekitar kaki gunung Talang Solok.

Sedangkan Kasat Binmas Polres Solok (AKP. Djumadi) menyampaikan agar pimpinan di tingkat kewilayahan mulai dari Wali Nagari/Kepala Desa sampai kepada Camat Kepala Kecamatan terus melakukan pemantauan kegiatan masyarakat di sekitar kaki gunung Talang, cegah dan awasi jangan ada masyarakat yang membuat kebun di lahan hutan lindung demikian juga tidak boleh ada masyarakat yang melakukan pembakaran hutan di sekitar gunung Talang karena selain melanggar aturan hukum kegiatan itu juga akan berdampak tidak baik pada lingkungan masyarakat dan lebih jauh dapat berakibat kabut asap di beberapa wilayah lain disekitar kabupaten Solok.

doc.ditbinmas.polda.sumbar.mei-2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *