Polda Sumbar dan Pemda Prov. Sumbar Sepakat Menandatangani Pedoman Kerja Sama

Binmas, Dalam rangka tindak lanjut Nota Kesepahaman Bersama Kapolri dengan Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri, pada hari Rabu tanggal 9 Maei 2018 telah ditandatangani bersama Pedoman Kerja Sama atas Nota Kesepahaman Bersama Kapolri dengan  2 (dua) Menteri tentang Pendampingan Pengelolaan Dana Desa oleh Gubernur Sumbar dan Kapolda Sumbar yang diwakili oleh Direkrut Binmas Polda Sumbar (Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si.)

Dalam sambutannya Dirbinmas Polda Sumbar menjelaskan dihadapan para Bupati/Walikota se Sumatera Barat bahwa MoU yang dilakukan oleh Kapolri dengan Menteri Desa dan Transmigrasi, Menteri Dalam Negeri adalah bertujuan untuk membantu agar para kepala desa/walinagari dalam proses pengelolaannya dapat saling bertukar pikiran dengan aparat Polri yang ada di Desa/Nagari.   Ditegaskan oleh Dirbinmas bahwa pada saat penandatangan MoU  Kapolri secara tegas menjelaskan bahwa keberadaan MoU yang dibuat bukan untuk mengintervensi pelaksanaan kegiatan para Kepala Desa/Walinagari melainkan untuk membantu apabila ada kesulitan yang ditemui oleh Kepala Desa/Walinagari dalam pelaksanaannya, sehingga itu Dirbinmas menjelaskan bahwa Bhabinkamtibmas bukanlah auditor bagi Kepala Desa/Walnagari akan tetapi sebagai mitra kerja.

Sedangkan Guburnur Sumbar Prof. Dr. H.Irwan Prayitno, S.Psi.MSc., pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa MoU yang sudah dibuat dan ditanda tangani oleh Menteri Desa, Menteri Dalam Negeri dan Kapolri adalah untuk memperlancar proses pengelolaan dana desa,  dan Gubernur Sumbar membenarkan bahwa dalam Pedoman Kerja Sama ini Bhabinkamtibmas adalah sebagai mitra atau pendamping bagi para Kepala Desa/Walinagari, sehingga itu Gubernur Sumbar berharap ke depan peroses pengelolaan dana desa akan semakin lebih baik, dan apabila masih ditemukan permasalahan dilapangan agar diupayakan duduk bersama untuk mupakat.

Dibagian lain Dirbinmas Polda Sumbar, menjelaskan bahwa saat ini Polda Sumbar telah menggelontorkan program unggulan “Desa/Nagari Aman Gangguan Kamtibmas”  hal ini sesuai dengan Nawa Cita Presiden RI Ir. Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran, sehingga itu program dana desa dan program Desa/Nagari Aman Gangguan Kamtibmas diharapkan akan berujung pada situasi masyarakat yang aman tentram dan sejahtera.

doc.binmaspoldasumbar.mei2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *