Press "Enter" to skip to content

“Silaturahmi Kamtibmas” Ditbinmas Polda Sumbar Hadirkan Para Lurah dan Tokoh Masyarakat di Mapolda Sumbar.

portal.binmas.online,  Dalam rangka memantapkan peran masyarakat dalam Harkamtibmas,  Ditbinmas Polda Sumbar melaksanakan kegiatan “Silaturahmi Kamtibmas Polda Sumbar dengan Para Lurah dan Tokoh Masyarakat” dari Kota Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Solok Arosuka.  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2019 mulai pukul 09.00 Wib di Aula lantai 4 Mapolda Sumbar yang dibuka langsung secara resmi oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. H. Fakrizal, M.Hum., dan didampingi oleh Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Damisnur AM., S.H.,M.M..

            Dalam acara pembukaan, dalam sambutannya Kapolda Sumbar menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan “Silaturahmi Kamtibmas” ini bernilai strategis dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di wilayah Polda Sumbar, selain sebagai ajang untuk saling menyampaikan informasi 2 (dua) arus juga kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antara para pejabat Polda Sumbar dengan masyarakat khususnya para tokoh masyarakat dan Lurah sebagai pemangku kepentingan di desa/Keelurahan/Nagari.  Kegiatan “Silaturahmi Kamtibmas” ini dihadiri oleh  Para Lurah, Tokoh Adat (KAN), Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda dari Kota Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Solok Arosuka serta  juga dihadiri oleh para PJU Polda Sumbar dan Bhabinkamtibmas Polres jajaran Polda Sumbar.

            Lebih lanjut Irjen Pol. Drs. H. Fakhrizal, M.Hum., menjelaskan bahwa dalam rangka Harkamtibmas Polri telah mengacu kepada Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Polmas, dimana  masyarakat dapat berperan aktif melalui wadah Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang dipilih oleh masyarakat dan dikukuhkan dengan Surat Perintah Kapolres/ta.  Kapolda Sumbar berharap kiranya Grand Strategi Polri Tahun 2015 – 2019 ini akan dapat tercapai secara maksimal pada akhir tahun 2019 ini, yaitu pengoptimalan peran masyarakat dalam rangka Harkamtibmas  artinya masyarakat berperan aktif dalam upaya-upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

            Sementara itu Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si., menjelaskan bahwa “Silaturahmi Kamtibmas Polda Sumbar dengan para Lurah dan Tokoh Masyarakat” ini dihadiri oleh 120 orang ditambah dengan perwakilan Bhabinkamtibmas Polres jajaran Polda Sumbar.   Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar, setelah itu panitia juga menghadirkan narasumber yang dapat memberikan pencerahan kepada peserta “Silaturahmi Kamtibmas” tentang  Bahaya Penyebaran Paham Radikal/Radikalisme yakni Ketua FKPT Provinsi Sumbar dan Wakil Rektor 3 Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.   Sementara Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si.,  memberikan materi tentang Perkap Nomor 3 Tahun 2015 tentang Polmas kepada para undangan, dimana Dirbinmas mengharapkan agar wadah FKPM di Desa/Kelurahan/Nagari dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat dapat diaktifkan secara menyeluruh, karena itu kepada para Lurah/ Kepala Desa dan Wali Nagari Dirbinmas berharap agar menyediakan Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat sebagai tempat untuk duduk bersama dalam upaya menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di Desa/Kelurahan/Nagari.

            Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H.,M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan “Silaturahmi Kamtibmas” seperti ini akan terus dilaksanakan namun mengingat waktu maka nanti pelaksanaannya akan dilaksanakan secara bergantian di masing-masing Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sumbar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *